DPRD Kota Bekasi Dorong Peningkatan Layanan Kesehatan

November 16, 2023
SIMAK BERITA NEWS    .    COM,--

Kamis 16 November 2023,--
KOTA    --     BEKASI,-- 

Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) untuk terus meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. 


Banyak masukan tentang layanan kesehatan dari masyarakat yang ia dengar di Daerah pemilihannya (Dapil), terutama Kecamatan Pondok Melati.Diketahui, ada satu Rumah Sakit (RS) swasta dan empat puskesmas di wilayah Kecamatan Pondok Melati. 


Lima Fasilitas Kesehatan (Faskes) ini lah yang selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat guna memperoleh layanan kesehatan.


Salah satu keinginan masyarakat adalah operasional Puskesmas setiap hari, tidak hanya Senin sampai Sabtu.“Mereka berharap bisa sampai hari Minggu jam kerjanya, terus juga ada dokter jaga misalnya 24 jam, itu ada masukan-masukan dari masyarakat,” katanya.


Disamping itu, ada harapan masyarakat agar program-program pemerintah bisa dirasakan, dalam hal ini jaminan kesehatan. 


Hal ini didasari oleh perubahan kondisi yang dialami oleh masyarakat setelah pandemi Covid-19.Diantaranya terkait dengan pendapatan dan kemampuan masyarakat setelah Pandemi Covid-19 tidak lagi memiliki pekerjaan. 


Situasi tersebut berdampak pada jaminan sosial masyarakat, dimana jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan sudah tidak lagi ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja sebelumnya.


Untuk menjamin masyarakat tetap memiliki akses kesehatan yang baik, pemerintah perlu mendata kembali masyarakat yang memenuhi syarat sebagai peserta BPJS penerima bantuan iuran.“Jadi pemerintah sebisa mungkin mendata, mengupdate masyarakat-masyarakat kita yang dalam kehidupannya sudah berubah dalam kurun waktu itu, sebelum pandemi dan sesudah pandemi,” ungkapnya.


Heri mengakui saat ini akses kesehatan bagi masyarakat Kota Bekasi semakin mudah. 


Namun, bagi masyarakat yang memerlukan rujukan ke RS swasta kerap mengalami kesulitan pembayaran.


Untuk meningkatkan akses dan layanan kesehatan di wilayah Kecamatan Pondok Melati, ia berkeinginan Pemkot Bekasi menambah jumlah RS tipe D.“Dan saya berkeinginan supaya nambah RS tipe D di wilayah saya, sudah ada memang di wilayah Pondok Gede dan Jatisampurna (kecamatan sekitar),” tambahnya.

Adv sekwan DPRD kota Bekasi ,--



( GEOF . M )



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar