Setelah Lama Mati Suri, Akhirnya MTQ Desa Koto Baru Dibuka Secara Resmi Bupati Merangin

Juni 29, 2023
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Kamis 29 Juni 2023 ,--
MERANGIN -- JAMBI,--

Bupati Merangin H Mashuri menghadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-3 tingkat Desa Koto Baru Kecamatan Tabir Lintas Kamis, (29/06/2023). 

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Tabir Lintas, Murliadi, Kepala Desa Koto Baru, Ade Sadria beserta jajaran, Ketua BPD Ariswan Nugraha beserta anggota, Ketua Karang Taruna Irwan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan seluruh para undangan masyarakat setempat. 

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur'an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya beserta mars MTQ. 

Acara berlangsung sukses dan meriah bertempat dilapangan Volly Ball desa setempat. 

Pembukaan MTQ Desa Koto Baru secara resmi dibuka oleh Bupati Merangin H Mashuri. 

Kepala Desa Koto Baru Ade Sadria dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Bupati merangin yang telah sudi membuka acara MTQ di desa Koto Baru. "Terima kasih Bupati Merangin yang sudah berkenan hadir membuka acara MTQ didesa kami,"ujarnya. 

Menurutnya, MTQ didesa Koto Baru sudah diselenggarakan yang ketiga tahun meskipun sebelumnya vakum mati suri. "Pemerintahan Desa dan BPD sepakat kedepan jangan ada lagi mati suri kegiatan MTQ setiap tahun dalam momentum hari besar islam. 

Kami juga sudah mengangarkan acara MTQ  dengan semampu dan sekuat tenaga kami setiap tahunnnya,"jelasnya. 

Ia mengakui, seluruh kegiatan keagamaan setiap tahunnya sudah di anggarkan dan disiapkan pemerintahan desa sesuai kemampuan dana desa. 

Menurutnya, meskipun anggarannya tahun ini tidak cukup besar kedepan dirinya mengupayakan akan meningkatkan anggaran "Tahun depan harus lebih meriah dan sukses,"paparnya.  

Menambah anggaran MTQ  Selain fokus dibidang Keagamaan, Pemerintah Koto Baru bersama BPD menganggarkan kegiatan sosial dan kegiatan-kegiatan lainnya. 

Seperti bidang kesehatan.Yang mana Pemdes Koto Baru sudah membeli satu unit  Ambulance. "Begitu juga dengan bidang pendidikan yang mana anak anak yang sekolah di TK biaya sekolahnya digratiskan. 

Selanjutnya kartu indonesia sehat (KIS),"terangnya. 

Sementara itu, Bupati Mashuri dalam sambutannya mengatakan, mengapresiasi kegiatan MTQ yang diadakan Desa Koto Baru. 

Bupati menghimbau, kegiatan MTQ  mulai dari jenjang RT, Desa,  sampai Kecamatan, dan Kabupaten  agar dapat dilaksanakan. 

Tentunya lanjut Bupati, kegiatan MTQ memiliki tujuan, pertama menyikapi era globalisasi digitalisasi yang saat ini berkembang  dengan cepat. 

Salah satunya dalam menyikapi ini adalah menggaungkan alquran melalui kegiatan MTQ."Karena ini akan mampu membentengi anak anak kita dari hal-hal negatif yang tidak sesuai dengan karakter dan akidah budaya kita.  

Dengan perkembangan digitalisasi apakah anak-anak kita sudah mampu membedakan mana yang positif dan mana yang negatif,"sebutnya. 

Selanjutnya yang kedua, alquran merupakan warisan yang ditinggalkan Rasululah Nabi Muhammad SAW, sebagai pegangan dalam kehidupan sehari hari. " Bagaimana membekali dan membentengi anak-anak  dengan ahlakul karimah dengan Alquran.

 Selain itu sumber pengetahuan itu juga berasal dari alquran segala kehidupan sudah diatur dalam alquran , maka mau tidak mau alquran harus berpegang teguh dalam kehidupan sehari-hari. 

Anak- anak kita adalag aset orang tua, agama dan negara.  

Maka perlu kita bekali dengan ilmu agama yang kuat,"terangnya. 

Kemudian ketiga, dimana kabupaten merangin  merupakan kabupaten yang memiliki Pondok Pesantren yang banyak di Propinsi Jambi. 

Masyarakat Merangin  patut berbangga banyak remaja, dan anak-anak dari Ponpes Merangin berprestasi di MTQ. "Jadi, inilah beberapa tujuan MTQ,  tidak ada artinya uang yang banyak jika pembinaan mental karakter anak anak kita tidak dibekali dengan ilmu Alquran,"tuturnya. "Sekali lagi kepada desa yang belum melaksanakan MTQ, segera untuk dapat melaksanakan karena kegiatan MTQ banyak manfaatnya tidak hanya didunia saja, tapi akhirat juga terutama pemimpin yang ada di desa,"tambahnya."Jangan berhenti sampai disini, jadikan agenda tahunan dari sini nanti bisa ikut tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, dan Tingkat Nasional,"pungkasnya.

(yaz)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar