Dikbud Merangin Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Oktober 19, 2022
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,-- 

Kamis 20 Oktober 2022 ,--                      MERANGIN  -- JAMBI 

Bertempat di aula kantor, Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Merangin menggelar kegiatan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Kamis, (20/10/2022). 

Kegiatan ini dihadiri seluruh pejabat dan jajaran Dikbud Merangin serta ibu ibu persatuan Darma Wanita. Kegiatan berjalan dengan lancar dan khidmat yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur'an. Tampil dalam tausiah agama Ustadz Tengku Idkham Kholid,  dari Pondok Pesantren yang berdomisili di Rantau Panjang, Kecamatan Tabir.

Ustadz Tengku Idkham Kholid, dalam ceramahnya mengatakan, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, hendaknya dapat berkhidmat dibulan kelahirannya.  "Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, mari kita tumbuhkan kecintaan kita kepada Rasullullah,"ujarnya. 

Selain itu, dimomen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, jadikan juga sebagai langkah untuk mengintropeksi diri sejauh mana menumbuhkan kecintaan kepada Rasululullah. "Marilah kita menumbuhkan kembali benih benih cinta kita kepada Rasullullah SAW, semoga kita mendapat pertolongan, mendapat sapaat di padang mahsyar  akhirat nanti,"katanya. 

Sesuai dengan tema, mari kita tingkatkan iman dan taqwa untuk pribadi yang berakhlakul karimah, Ustazd tengku Idkham Kholid, juga menyampaikan, iman merupakan sesuatu pemberiaan Alloh, dan harus kita percayai dan wajib diyakini. "Ada 6 rukun iman yang wajib kita percaya, 

pertama (1) percaya kepada Alloh,

 kedua(2) percaya kepada Malaikat,

 Ketiga (3) Percaya Kepada Kitab Kitab Alloh, 

Keempat (4) Percaya Kepada Nabi dan Rasul, 

Kelima(5) percaya kepada Percaya Kepada Hari Kiamat, dan 

Keenam (6) Percaya kepada Qadar baik dan Qadar buruk yang datangbya dari Alloh SWT,"jelasnya." 6 iman itu harus menancap dalam qolbu kita tidak ada satupun keraguan didalamnya,"tambahnya.

 Sementara itu lanjut Ustazd Tengku Idkham Kholid Taqwa, yakni menjalani perintah Alloh dan  menjauhi larangannya. 

Semntara bagaimana kita meningkatkan iman itu kata dia, Iman akan dilihat dari seperti iman bertambah amal, dan berkurangnya iman berkurangnya amal. "Hubungan iman adalah dengan amal, Taqwa buah dari pada iman, semoga kokoh berbuah dengan ketaqwaan,"katanya. "Selain itu kalau jadi guru, baik dipendidikan umum dan pendidikan agama, kita harus menjadi contoh terlebih dahulu mensolehkan diri kita.

 pendidikan tidak akan baik tidak bermutu kalau guru nya, tidak soleh. 

Karena sebelum kita melakukan untuk orang lain lakukan dulu pada diri kita sendiri,"tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Merangin Nasution S.Pd ME dalam sambutannya mengatakan, dengan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, marilah contoh suri tauladan  nya sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari. "Bagaimana akhlaknya mari kita contoh,"pungkasnya.



 (yaz)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar