Kementan Komitmen Hadirkan Percepatan Layanan Publik Melalui Implementasi NLE

Desember 03, 2022
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Sabtu 03 Desember 2022 ,--                  SURABAYA -- JATIM ,--

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memerintahkan Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk mengawal ketat implementasi National Logistic Ecosystem (NLE).Untuk menindaklanjuti perintah tersebut Kepala Barantan, Ir Bambang, MM  melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis dan Jumat (1-2/12)Kemarin. 

 "Saya berada disini karena perintah Bapak Mentan untuk melakukan evaluasi kinerja dan progres Stranas PK di Pelabuhan Tanjung Emas dan Tanjung Perak," ujar Bambang saat meninjau terminal peti kemas Pelabuhan Tanjung Emas.

Stranas PK merupakan upaya pemerintah dalam melaksanakan Instruksi Presiden no.5 tahun 2020 tentang penataan National Logistic Ecosystem (NLE) agar pelayanan di pelabuhan dapat semakin efektif, efisien dan transparan."Saya memberikan apresiasi atas capaian pelabuhan Tanjung Emas yang saat ini telah ditetapkan KPK sebagai pelabuhan berstatus hijau dalam penerapan NLE," ujar Bambang.

Ia menjelaskan bahwa salah satu penerapan Single Submision Join Inspection Quarantine Custom (SSm JIQC) memberikan dampak positif pada efektifitas layanan karantina. "Dulu layanan karantina bisa sampai beberapa hari kemudian meningkat menjadi 8 jam dan sekarang hanya tinggal 2 jam saja," papar Bambang.

Saya kira, hal ini tidak akan bisa tercapai jika tidak ada kolaborasi kerjasama yang baik antara semua instansi yang berada di Pelabuhan, baik itu KSOP, Pelindo, TPK, Beacukai dan Karantina.*Karantina Surabaya Telah Penuhi Evaluasi Stranas PK*Selanjutnya, Bambang melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk memonitor progres yang telah dilakukan Karantina Pertanian Surabaya dalam memenuhi catatan hasil evaluasi implementasi Stranas PK melalui NLE di pelabuhan Tanjung Perak pekan lalu.

Kepala Karantina Surabaya, Cicik Sri Sukarsih melaporkan bahwa pihaknya bersama entitas pelabuhan Tanjung Perak (Bea cukai, BKIPM, Pelindo dan OP) telah melakukan perbaikan SOP SSm JIQC dalam rangka menyelaraskan arus barang wajib periksa karantina di lini I yang berdampak pada  penurunan biaya dan efisiensi waktu layanan.

Bercermin dari prestasi yang telah diraih Karantina Pertanian Semarang, Kabarantan yakin  Karantina Surabaya bersama entitas pelabuhan Tanjung Perak pun dapat segera mendapat status hijau dalam penerapan Stranas PK.




(Renny veneno).



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar