Istana gelar simulasi upacara bendera, sambut HUT RI ke 75

Juli 12, 2020
Simakberitanews.com
Jakarta,12/07/2020.

Istana gelar simulasi upacara bendera, sambut HUT RI ke 75

JAKARTA -
Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada tahun ini tak akan sama dengan sebelum-sebelumnya. Pandemi yang masih berlangsung memaksa masyarakat menjalankan aktivitasnya dengan normal baru disertai protokol kesehatan yang ketat. Tak terkecuali, prosesi upacara peringatan kemerdekaan di Istana Merdeka yang biasanya setiap tahun berlangsung meriah dan khidmat.

Tahun ini upacara peringatan kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka akan digelar sangat sederhana. Hal ini terlihat dalam simulasi yang diadakan pihak Istana Kepresidenan dan Komando Garnisun Tetap I Jakarta di Istana Merdeka, Ahad (12/7) pagi ini.
Pemerintah memastikan bahwa upacara kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-75 akan digelar secara minimalis.
Pihak Istana Kepresidenan bersama Garnisun Tetap TNI (Gartap) menggelar simulasi upacara bendera untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia
Simulasi pengibaran bendera berlangsung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (12/7/2020). Kegiatan ini digelar secara minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
"Pagi ini kami Sekretariat Presiden dengan Gartap mengadakan latihan penaikan bendera untuk peringatan HUT RI ke-75, di mana pengibar benderanya sangat minimal yakni tiga orang, baik penaikan dan penurunan bendera," ucap Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Bey menuturkan, upacara bendera HUT ke-75 RI ini akan menjadi pedoman bagi daerah untuk memperingati momentum tersebut.

"Jadi nanti akan seperti ini di mana protokol kesehatan diutamakan, dengan menggunakan masker dan sarung tangan. Karena tetap kita harus utamakan kesehatan," imbuh Bey.
Upacara kemerdekaan akan berlangsung mulai 09.45 WIB pada 17 Agustus 2020. Sedangkan detik-detik proklamasi akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

"Mulainya tetap sama, pagi mulai 9.45 dan detik-detik proklamasi mulai jam 10, sampai pukul 10.40. Tetapi sebelumnya sudah ada acara, yang mulai jam 9 untuk penaikan dan pukul 16.00 untuk penurunan," jelas Bey.

"Penurunan sendiri kan jam 17.00, tapi pukul 16.00 biasanya ada acara hiburan di Istana dipindahkan ke televisi. Ya kita berharap tetap ada kesemarakan. Dan seperti di sini sudah mulai ada umbul-umbul 75 tahun," pungkas dia

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar