PPID Utama Kota Bekasi menerima Asistensi Peningkatan Kualitas Keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Daerah dari Kemendagri

Maret 04, 2023
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Sabtu 04 Maret 2023 ,--
KOTA   --    BEKASI ,--

Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi menerima kunjungan kerja Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengolahan Informasi, Rega Tadeak Hakim terkait Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Bekasi Kamis kemarin (2/3) bertempat di Ruang Kerja Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi.

Hadir bersama Kabid Fasilitasi Pengaduan dan Pengolahan Informasi, Analis Data dan Informasi Pusat Penerangan Kemendagri Yulius Arnoldus Sanimin yang diterima langsung olah Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Amsiyah didampingi oleh Pranata Humas Ahli Muda dan staf PPID Utama.

Dalam sambutannya Rega Tadeak Hakim menuturkan bahwa pihaknya ingin melihat dan mendengar bestpractise dari kota Bekasi yang telah mendapatkan penghargaan berturut-turut sebagai Kota Terinformatif dari Komisi Informasi Jawa Barat."Tentunya kami mengapresiasi terhadap capaian Pemerintah Kota Bekasi ini dan kami berharap bahwa apa yang didapat dari Kota Bekasi bisa menjadi referensi bagi daerah lain untuk dapat meningkatkan pelayanan publik "Selain itu, pihaknya (Kemendagri) juga sedang melakukan kajian pada Permendagri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.

Menurutnya, didalam kajian Permen tersebut memerlukan pendapat seperti saran dan masukan dari teman-teman Pemkot/Pemkab. Daerah. Selanjutnya, menanggapi hal tersebut Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Amsiyah menyampaikan bahwa Satu-satunya Humas yang masih terpisah dari Diskominfo adalah Humas Kota Bekasi dan PPID Utamanya dijabat oleh Kepala Bagian Humas namun Pelayanan Publik yang ada di Kota Bekasi tetap dapat dijalankan sesuai aturan sehingga kami mendapatkan 4 kali berturut-turut penghargaan sebagai Kota Terinformatif. " Kami (Pemkot.Bekasi) memiliki payung hukum berupa Perwal, Standar Operasional Prosedur (SOP), Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi Publik yang Di Kecualikan sesuai dengan UU KIP, update informasi kami lakukan setiap tahun "Selain itu, pihaknya juga melakukan penguatan-penguatan pada admin PPID Pelaksana yang ada pada OPD dalam melakukan pelayanan informasi publik dengan diadakannya Monitoring dan Evaluasi setiap tahunnyaTerkait dengan Peraturan Menteri tersebut, Amsiyah mengusulkan agar kelembagaan yang ada di daerah diseragamkan seperti Jabatan Fungsional atau analis sumber daya manusia dibuat dalam pelayanan publik karena memiliki tugas yang cukup berat dan nantinya memiliki jenjang karier tersendiri seperti ahli muda, ahli madya dan seterusnya. Bersamaan pada acara yang sama, Pranata Humas Ahli Muda Sub Koordinasi Hubungan Dokumentasi Internal Diah Setiyawati, S.Sos menyampaikan dalam pemenuhan pelayanan publik pada PPID Utama Kota Bekasi kami mengikuti Peraturan Komisi Informasi yang telah ada.

Upaya yang dilakukan seperti Perubahan informasi pada media website/media sosial dilakukan tiap tahunnya dan hubungan antara PPID Utama dan PPID Pelaksana sudah saling terhubung satu sama lain sehingga masyarakat sudah dapat mengakses langsung informasi pada website utama yaitu www.bekasikota.go.idAcara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan pemberian plakat dari Pemerintah Kota Bekasi kepada Kemendagri. 






(gie/ndro)( GEOFFREY . M)







Adv / Humas Kota Bekasi ,--







Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar