Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi Optimis Kampung KB Sehati Juara Di Perlombaan Kampung KB Terbaik Tingkat Jabar

Maret 02, 2023
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Kamis 02 Maret 2023 ,--
KOTA    --     BEKASI ,-- 

Pelaksana tugas (Plt) Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto sangat optimis Kampung Keluarga Berkualitas (KB)Sehati RW 004 , Kelurahan Jatiraggon, Jatisampurna, Kota Bekasi dapat meraih juara dalam Lomba Kampung KB Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Kehadiran Wiwiek untuk mendukung penuh serta memberikan semangat kepada para kader yang ada."Saya bersama para kader sangat optimis kita bisa juara pertama dan siap mengukir prestasi di lomba ini," ujar Wiwiek Hargono Tri Adhianto Dirinya mengatakan, berbagai program dan inovasi yang ada di wilayah Jatiranggon bukan hanya sekedar rencana. 

Namun, program tersebut telah berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. "Dari inovasi yang sudah berjalan sangat berdampak bagi masyarakat ataupun lingkungan," katanya.Berikut beragam Inovasi yang telah diciptakan oleh Kampung KB Sehati:

1.GESER CETING (Gerakan Seribu Cegah Stunting)Kegiatan Geser Ceting terintegrasi dengan kegiatan Dashat (Dapur Sehat). 

Dalam pelaksanaan kegiatan pengurus menggunakan model social pemberdayaan masyarakat yaitu dengan mengumpulkan dana dari seluruh warga Seribu Rupiah per Rumah yang diambil setiap hari kamis, dana yang terkumpul dibelikan bahan makanan yang kemudian diolah di DASHAT untuk penyediaan makanan-makanan padat  gizi dengan bahan lokal dan diberikan pada kegiatan jumat berkah kepada masyarakat secara gratis untuk kelompok sasaran keluarga beresiko stunting yang ada di Wilayah Kelurahan Jatiranggon. 

2.GARING BABU (Gerakan Anak Ringan Baca Buku)Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat anak untuk membaca buku, dimana slogan "Buku Merupakan Jendala Ilmu” Menurut  penelitian yang dilakukan Dr. Anne E. Cunningham dari University of California Berkeley, dengan gemar membaca maka akan berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Maka dari itu, membaca perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib yang orangtua tanamkan sejak anak-anaknya masih kecil.

Namun di era serba teknologi seperti sekarang ini, banyak anak menjadi kurang menyukai membaca lantaran lebih tertarik pada gadget yang sudah seperti gaya hidup barunya. 

Sebagai orangtua milennial, kita tetap perlu menanamkan gemar baca pada anak. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan Baktor yang diisi buku-buku bacaan anak, baktor tersebut keliling dari RT, RW secara bergiliran dan berhenti di suatu tempat berkumpul anak-anak bermain untuk kemudian anak-anak dapat membaca buku-buku bacaan yang tersedia.

3. Kegiatan UPPKAKegiatan UPPKA bertujuan untuk membantu ekonomi keluarga yaitu peningkatan kegiatan UPPKA dengan melakukan pelatihan serta menindaklanjuti dengan produksi, membantu pemasaran dari hasil produksi tersebut, adapun beberapa kegiatan UPPKA SEHATI antara lain:a.

Membuat Paper Bag

b. Membuat Ayaman Tikar Pandan

c. Membuat kue basah (Puding Kembang Teleng) dan Minuman Kembang Teleng.

4. Bank SampahDalam Upaya meningkatkan kebersihan, keamanan lingkungan serta peningkatan ekonomi masyarakat Kampung KB SEHATI memiliki Inovasi pengadaan Bank Sampah, yang merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. 

Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam. 

Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. 

Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan. 

Hal ini adalah cara untuk menyulap sampah menjadi uang sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dari sampah khususnya plastik sekaligus bisa dimanfaatkan kembali (reuse). 

Biasanya akan di manfaatkan kembali dalam berbagai bentuk seperti tas, dompet, tempat tisu, dan lain-lain. 

Syarat sampah yang dapat di tabung adalah yang rapi dalam hal pemotongan. 

Maksudnya adalah ketika ingin membuka kemasannya, menggunakan alat dan rapi dalam pemotongannya. Kemudian sudah di bersihkan atau di cuci.

5. Kegiatan Koperasi Sekawan TangguhDalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Kampung KB SEHATI dibentuklah Koperasi Simpan Pinjam Sekawan Tangguh. 

Tujuan awal dibentuknya Koperasi ini adalah untuk menghindarkan masyarakat dari adanya Bank Keliling sehingga terjerat Riba dan pada akhirnya susah untuk melepaskannya. Koperasi Sekawan Tangguh merupakan Koperasi Simpan Pinjam, dimana fungsi koperasi simpan pinjam yaitu Penghimpunan dana dari anggota Penyaluran dana atau pemberian kredit ke anggota Memberikan pendapatan untuk para anggotanya dari kegiatan usaha koperasi Mengelola dana yang disimpan dan disalurkan anggota koperasi penyimpanan maupun mengajukan permohonan kredit di koperasi simpan pinjam relatif mudah.

 Syaratnya, tentu harus menjadi anggota terlebih dahulu.

Dengan beragam program Inovasi yang telah diciptakan dan sudah diterapkan, Wiwiek Hargono turut mengapresiasi hal baik yang telah dilakukan.“Beragam Inovasi ini menjadi motivasi bagi wilayah lain, memberi manfaat bagi masyarakat dan tentunya mewujudkan ketahanan keluarga,” tutup Wiwiek Hargono Tri Adhianto. 

Tampak hadir mendampingi Plt Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto, Kepala DPPKB Marisi, Kabid KB drg Dezi, Ka UPTD PP se Kota Bekasi.





(EZ)(GEOFFREY .M )





Adv/ Humas Kota Bekasi ,--



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar