Kementan Yakinkan Jepang Terima Buah Mangga Indonesia

Desember 02, 2022
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Jumat 02 Desember 2022 ,--SEMARANG - JAWA TENGAH ,--

Setelah melakukan upaya harmonisasi peraturan fitosanitari selama 11 tahun, akhirnya Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) berhasil meyakinkan Jepang agar buah mangga Indonesia dapat masuk ke pasarnya.“Pembukaan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang saat ini menjadi program strategis prioritas Barantan. InsyaAllah hanya tinggal satu langkah lagi mangga kita akan bisa dinikmati masyarakat Jepang,” ujar Ir. Bambang, MM, Kepala Barantan melalui keterangan persnya, Kamis kemarin (1/12).

Menurut Bambang, saat ia memberikan arahan pada Rapat Evaluasi Pusat Karanrina Tumbuhan san Keamanan Hayati di Semarang, Rabu (30/11), mangga adalah salah satu buah eksotis Indonesia, produksinya melimpah namun ekspor buah mangga ke beberapa negara masih belum optimal.

Bambang juga menjelaskan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang, Korea, Taiwan, Australia, New Zealand masih terkendala adanya lalat buah dan ketersediaan fasilitas perlakuan.

Inilah yang menjadi perhatian khusus para pejabat karantina tumbuhan dalam memfasilitasi upaya pembukaan akses pasar ekspor buah mangga ke Jepang. Bersama dengan akademisi dan pemerintah daerah Jawa Barat, Barantan telah menyampaikan hasil penelitian yang menyatakan bahwa di Jawa Barat tidak ditemukan adanya lalat buah yang dikhawatirkan oleh pihak Jepang terutama untuk buah mangga jenis gedong gincu.“Saya berharap, proses fasilitasi akses ekspor buah mangga ini dapat selesai di tahun depan menyusul protokol ekspor nanas ke China yang sudah ditandatangani Menteri GACC bulan Juli 2022 yang lalu,” tambah Bambang.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Kehati, AM. Adnan, juga melaporkan sepanjang tahun 2022 Barantan telah memfasilitasi lahirnya protokol ekspor akses pasar buah Manggis, Salak, Naga, Pisang untuk bisa menembus pasar Tiongkok.

(Relies : Kementan)


( Renny Vaneno).


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar