Danlantamal XI Merauke Pimpin Panen Raya Padi di Kampung Sermayam

November 18, 2021
SIMAK BERITA NEWS .COM 

Kamis 18 November 2021,-
         MERAUKE,-

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, S.E., bersama Ketua Korcab XI DJA III Ny. Dewi Edy Prakoso beserta jajaran mengunjungi Kampung Sermayam, Distrik Tanah Miring, Merauke dalam rangka melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi dan Serbuan Vaksinasi Pangkalan Utama TNI AL XI Merauke, serta Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AL, Kamis (18/11/2021).

Salah satunya langkah mengantisipasi rentetan dari dampak Covid-19 di bidang perekonomian, melalui program ketahanan pangan di wilayah pesisir, berangkat dari hal tersebut Lantamal XI mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan gerakan ketahanan pangan melalui panen raya padi di lahan sawah Lantamal XI yang berlokasi di Kampung Sermayam, Distrik Tanah Miring, Merauke.

Panen raya padi diawali dengan pemotongan secara simbolis tanaman padi siap panen oleh Danlantamal XI Merauke, diikuti Ketua Korcab XI DJA III, Kepala Balai Wilayah Sungai Merauke, Kepala Dinas Pariwasata Kab. Merauke, Kabid Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kab. Merauke dan jajaran Lantamal XI.Kegiatan Panen Raya kali ini merupakan panen raya ketiga dengan luas lahan dua hektar yang ditanami jenis pangan padi dengan bibit varietas unggul IR 42 dengan waktu proses penanaman 3 sampai dengan 3.5 bulan.Danlantamal XI dalam sambutannya mengatakan “Lantamal XI Merauke sebagai Komando pelaksana dukungan Koarmada III Di Wilayah Selatan Papua melaksanakan program ketahanan pangan di wilayah Sermayam dengan menanam padi bekerjasama dengan masyarakat di lahan pertanian Lantamal XI dengan luas seluruh lahan 20 hektar, 

saat ini baru dibuka seluas 12 hektar dan lahan yang sudah ditanam padi seluruhnya 6 hektar. Sampai dengan saat ini Lantamal XI telah melaksanakan tiga kali panen raya dalam kurun waktu tahun 2020 sampai dengan tahun 2021” Ungkap Danlantamal XI.Lebih lanjut orang nomor satu di Lantamal XI tersebut menyampaikan “Kegiatan panen raya padi dalam rangka BINTAHWIL UNGGULAN tahun 2021 di wilayah Lantamal XI dan jajarannya merupakan wujud dharma bhakti TNI dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan, baik atas permintaan maupun atas inisiatif Institusi TNI secara satuan / perorangan atau keinginan dari Pemerintah” Jelas Danlantamal XI. Tujuan dari Panen Raya agar memberikan manfaat dan dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat maka penentuan sasaran fisik maupun non fisik harus bersumber dari aspirasi masyarakat yang di akomodir dalam bentuk perencanaan secara terpadu oleh TNI dan Pemerintah Daerah serta instansi terkait lainnya.Acara panen raya diakhiri dengan pemberian Tali Asih yang diberikan masing-masing dan diawali penyerahan simbolis oleh Danlantamal XI Merauke XI kepada Bapak Aceng (Ketua Gapoktan),  Ibu ketua Korcab XI DJA III kepada Bapak Supardi (Toga),  Kepala Balai sungai perairan Papua Kepada Bapak Kepala Kampung,Kadis Pariwisata kepada bapak Temon, Kadis Pertanian kepada bapak Anton, Kadis perikanan kepada Bapak Supadi, Aspotmar Danlantamal XI kepada Bapak DusunHadir dalam Kegiatan tersebut, Aspotmar Danlantamal XI, Kadispotmar Lantamal XI, Dantim Intel, Kadiskes Lantamal XI, Pabanwatspers Lantamal XI, Pjs Kadispen Lantamal XI, Ketua Korcab XI DJA III beserta pengurus, Kepala Balai Wilayah Sungai Merauke Papua, Ir Yulianus M. Mambrasar, S.ST., M.Si.,M.T., Kepala Dinas Pariwasata Kab. Merauke, Yosep Yandi Mahuse, Kabid Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Kab. Merauke, Ibu Serli., Toga, Bpk Thomas Yosep Supardi., Ketua Gapoktan, Bapak Aceng Budi, Kepala Kampung Sarmayam 2 Bapak Rosidin, Ketua Paguyuban Sunda Kab. Merauke, Bapak Wawan Gunawan, Ketua Adat Bapak Niko Laos Yapok, Babinsa Sarmayam II, Serda Pahabol, dan Petani Binaan Lantamal XI. 

(Dispen Lantamal XI).

( Geoffrey . M ).

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar