Deflasi 0,01 Persen, Walikota Bekasi Gencarkan Program Hidroponik dan Ternak Lele

Agustus 07, 2020
SIMAKBERITANEWS.COM
Jumat 07/08/2020.

Deflasi 0,01 Persen, Walikota Bekasi Gencarkan Program Hidroponik dan Ternak Lele


BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi akan menggencarkan program budidaya hidroponik dan ternak lele di tingkat RW untuk menjaga ketahanan pangan di Kota Bekasi.

Hal itu akan dilakukan untuk mempertahankan sektor ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, terlebih Kota Bekasi mengalami deflasi 0,01 persen pada Juli 2020.

“Kalau yang dari kita kan tidak bisa kaya yang ekonomi nasional. Kalau kita lagi buat ketahanan pangan di tiap RW itu ada hidroponik, ada ternak lele di 1.013 RW,” ujar Rahmat di Bekasi, Jumat (7/8/2020).

Beliau berencana memberikan bibit ke masing-masing warganya untuk menjalani program budidaya hidroponik dan ternak lele.

Untuk memberi semangat warganya, Pemkot Bekasi akan berikan hadiah bagi lingkungan RW yang berhasil serentak membudidayakan tanaman hidroponik dan ternak lele.

“Kita cari program anggarannya kaya apa, apakah dari Kementerian UMKM (usaha menengah kecil mikro) maupun di APBD kita, tetapi inikan lagi sedang diberikan stimulus kalau ada RW yang berhasil kita kasih Rp 300-500 juta buat membangun tadi hidroponik dan ternak lele,” kata Rahmat

Rahmat berharap hidroponik dan ternak lele dapat meningkatkan ekonomi warganya.

“Kan kalau tanaman dan lele itu kan bisa dikonsumsi. Bisa juga dijual lagi di pasar di tukang pecel lele,” ucap dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Kota Bekasi di Jawa Barat mengalami deflasi sebesar 0,01 persen pada Juli 2020.

Dari tujuh kota pantauan Indek Harga Konsumen (IHK) di Provinsi Jawa Barat, tercatat deflasi terendah di Kota Bekasi dengan IHK sebesar 106,98. Angka deflasi Kota Bekasi sama dengan Kota Bogor.

Angka deflasi di Kota Bekasi disumbang dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,35 persen.

Rahmat mengklaim deflasi rendah itu disebabkan sektor ekonomi di Kota Bekasi yang tetap bertahan dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Pasalnya, Kota Bekasi lebih dahulu membuka aktivitas ekonomi saat pelonggaran PSBB atau masa proporsional PSBB.


( ZULFAN Flora )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar