Makin Cepat, Waktu Layanan Karantina di Kawasan Pelabuhan Banten

November 09, 2022
SIMAK BERITA NEWS   .   COM ,--

Kamis 10 November 2022 ,--                   CILEGON   --   BANTEN

Waktu layanan karantina pertanian di pelabuhan kawasan Banten, kini lebih cepat sejak dilakukan penataan pada ekosistem logistik nasional. Terhitung sebesar 75% waktu layanan karantina pertanian lebih cepat dengan penerapan pemeriksaan bersama karantina dan bea cukai.

Single Sub Mission Joint Inspection-Quarantine Customs (SSm JI-QC) di kawasan Banten yakni Pelabuhan Ciwanda dan Cigading."Alhamdulilah penerapan pemeriksaan bersama di kawasan pelabuhan Banten  telah memberikan perubahan yang signifikan," kata Bambang, Kepala Barantan saat memberikan arahan pada Rapat Evaluasi Pelayanan Karantina Pertanian Terpadu dan Kolaborasi di Dalam Kawasan Banten, Selasa (9/11).

Menurut Bambang, saat ini pihaknya telah menerapkan SSm QC di 14 unit pelaksana teknis Karantina Pertanian diseluruh Indonesia. 

Lokasinya di pelabuhan, dan evaluasi akan terus dilakukan hingga akhir tahun 2022 nanti.

Sebagai informasi, dari hasil penataan ekosistem logistik pelabuhan di kawasan Banten,  periode Juni 2020 hingga September 2022 oleh Lembaga INSW, Kementerian Keuangan yang dipaparkan oleh Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi.

Tidak hanya itu, dari data yang sama Arum juga menyebutkan penerapan pemeriksaan bersama yang telah diterapkan di kawasan  telah terjadi penurunan biaya timbun dan pemeriksaan media pembawa (MP) sebesar 67%, atau 375 milyar.Dalam overview implementasi SSm QC di pelabuhan di kawasan Banten, Arum  juga menjelaskan bahwa sejauh ini sinergi kolaborasi entitas pelabuhan dikawasan Banten telah berjalan  baik. 

Kolaborasi ini telah memberikan  kontribusi dalam percepatan dan transparansi layanan pabean dan karantina. 

Pemilik barang hanya melakukan satu kali submit data terkait pemeriksaan melalui Sistem Indonesia Single Window (INSW), selanjutnya petugas karantina dan bea cukai akan melakukan pemeriksaan MP secara bersama-sama.Pelabuhan Ciwandan dan Cigading merupakan salah satu dari 14 pelabuhan utama dalam implementasi SSm JI-QC dengan status penilaian telah mencapai progress aksi 2021-2022. 

Perlu peningkatan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dan seluruh stakeholder guna mewujudkan integrated port network. 

Adanya integrasi pelabuhan akan menciptakan pengembangan konektivitas dan percepatan standarisasi operasional.

Miftah Fajrisal, Manager Rendalops  PT Pelindo Regional 2 Banten menyebutkan bahwa pihaknya berkolaborasi para pihak, termasuk Karantina Pertanian Cilegon kawasan Pelabuhan Ciwandan masuk dalam kategori hijau oleh Stranas PK.

Kedepan, aspek positif yang perlu ditingkatkan guna mendukung kelancaran ekosistem logistik nasional. Mempercepat kelancaran arus barang di pelabuhan dan meningkatkan efektivitas pengawasan MP yang bermuara pada peningkatan pendapatan"SSm JI-QC diperuntukan untuk memberikan kemudahan kepada pelaku usaha, memberi kepastian layanan pemerintah serta mendukung peningkatan daya saing pertanian," pungkas Bambang.



(renny veneno)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar