Reputasi Polri Sedang Diuji Pada Insiden Polisi Tembak Polisi

SIMAK BERITA NEWS . COM 

Jumat 22 Juli 2022,--
JAKARTA ,--

Insiden berdarah yang terjadi dikediaman rumah dinas Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol. Fredy Sambo menarik perhatian publik.Tak terkecuali Presiden Joko Widodo mengintruksikan untuk transparan dan tidak ditutup-tutupi biar masyarakat mendapat kebenaran. 

Betapa tidak peristiwa tersebut terjadi saling tembak antara Brigade J/Brigadir Yosua/ Brigadir Nopriansah Yosua Hutabarat dan Barada E diduga ada pelecehan seksual oleh Brigade J kepada istri Fredy Sambo, Putri Candrawathi.

Dua pekan sudah Peristiwa mencekam tersebut bergulir sehingg begitu banyak terkuak informasi yang membuat peristiwa ini menjadi hal yang luar biasa dan menarik untuk diperhatikan dan dikawal agar proses dapat berjalan sesuai aturan hukum yang ada.

 Diduga ada kejadian yang sangat tidak biasa dalam rumah dinas Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol. Fredy Sambo yang melibatkan istri nya sehingga ada korban tewas dan dalam tubuh korban begitu banyak kejanggalan yang membuat pihak keluarga merasa wajib menindak lanjuti tewasnya korban Brigadir J seorang ajudan yang sering bersama Istri Fredy Sambo. 

Ada Adigum  Hukum “Salus Populi Suprema Lex Esto “ yang berarti Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi “Advokat dan Kebijakan Publik Dr. Togar Situmorang mengatakan peristiwa tersebut sangat disayangkan karena menyangkut Institusi Kepolisian RI kebanggaan masyarakat dan sedang berusaha selalu memberikan pelayanan juga pengayom hukum terbaik malah ada masalah hukum apalagi melibatkan petinggi seorang Jendral Bintang Dua dengan jabatan begitu mentereng dalam institusi tersebut. 

Begitu banyak catatan hitam akibat ulah Oknum Polisi dari segala pangkat mulai dari bawah sampai Jendral dan sekarang petinggi Kepolisian yang bertanggung jawab kepada penegakan disiplin anggota malah saling tembak sesama polisi yaitu antara Ajudan Jendral Freddy Sambo dengan Ajudan Istri Jendral tersebut berpangkat Brigadir J hingga tewas. 

Menurut Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Dr. Togar Situmorang yang sedang mengurus kasus klien yang sedang berseteru artis nasional Jessica Iskandar aksi tembak menembak tersebut sangat disayangkan dan tidak akan terjadi kalau mereka prajurit tersebut ingat sumpah mereka pada saat diangkat menjadi polisi sebagai pengabdi negara untuk menjunjung tinggi dan menjaga harkat martabat Kepolisian RI karena mereka merupakan contoh dan memberikan pelayan bagi masyarakat dengan baik. 

Seperti diketahui terkait peristiwa tewas Brigadir J Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menon aktifkan Kadiv Propam Irjen Pol Freddy Sambo menyusul peonaktifan, Karo Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Pol Hendra Setiawan, dan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto.

Advokat Dr.Togar Situmorang mengatakan sudah sangat tepat dan sangat mendukung langkah tersebut agar penelusuran kasus ini bisa berjalan objektif dan bisa lebih profesional tanpa ada intervensi.

Lebih lanjut Dr.Togar Situmorang menyatakan peristiwa hukum tembak menembak tersebut sudah menjadi perhatian publik dan agar barang bukti berupa mobil yang digunakan Irjen Pol. Fredy Sambo turut diamankan serta CCTV juga percakapan handphone yang digunakan Korban Tewas Brigadir J bisa juga diamankan termasuk barang barang milik pribadi Irjend Pol. 

Ferdy Sambo dan Istri berupa Handphone bisa disita untuk membuat kasus ini transparan, objektifitas sehingga rangkaian proses tersebut bisa berjalan sesuai aturan hukum yang berlaku ,” ujar Doktor Hukum Togar Situmorang kepada Media Simak Berita News. Com , di Jakarta, Jumat (22/07/2022).

Untuk informasi Polri adalah institusi yang bertanggung jawab langsung dibawah Presiden RI dengan landasan hukum Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 sehingga sebagai aparat penegak hukum yang berfungsi untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan perlindungan hukum, penganyom masyarakat untuk mengurusi kejahatan secara umum dinegeri ini dengan tujuan menciptakan keamanan didalam negeri jangan malah turun kridibiltas kesatuan polri agar masyarakat tetap mencintai Polri sebagai Institusi yang handal dan skandal tewas Brigadir J bisa segera terungkap  ” tutup Dr.Togar Situmorang yang memiliki kantor beralamat di Jl. Raya Banjar Gumecik Gg Melati No.8, By Pass Prof. IB Mantra, Ketewel, Jl.Teuku Umar Barat No.10, Krobokan, dan Jl. Pejaten Raya No.78, Rt 006/Rw 05, Kel. Pejaten Barat serta Jl. Terusan Jakarta No.181 Ruko Harmoni Kav.18,Antipani Bandung.


( Renny Veneno)

Posting Komentar

0 Komentar