Pasien TB Mau Periksa ke Puskesmas Cihideung Kebanyakan Sudah Kondisi Parah

SIMAK BERITA NEWS  .  COM

Jumat 15 Juli 2022,--
KOTA - TASIKMALAYA .

 Penanggung Jawab program penanganan  penyakit TB Puskesmas Cihideung, Inti Mustika AMd menuturkan, pasien TB (Toubercoulosis) yang datang ke puskesmas mayoritas kondisinya sudah parah."Pasien TB yang datang ke sini (puskesmas Cihideung) rata-rata kondisinya sudah parah, badannya kurus, pasien batuk sudah seminggu, dua minggu. 

Jadi kalau sudah begitu ya kita rujuk ke rumah sakit,"ungkap Inti saat ditemui pada Rabu (13/7/2022).

Dirinya menyebut, warga kebanyakan masih malu-malu atau takut datang ke Puskesmas yang berlokasi di jalan Paseh Kelurahan Tuguraraja Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya ini.

"Warga kebanyakan masih takut untuk memeriksa kan diri ke sini. Meskipun diantara anggota keluarga di rumahnya ada yang terkena TB, mereke tetap tidak mau meriksakan diri. Padahal kami sudah jelaskan pemeriksaan secara gratis,"ucapnya.Untuk antisipasi penyebaran TB, kata Inti, tenaga kesehatan kelurahan sudah jalankan program POA kunjungan sebanyak 6 kali dalam 1 tahun dan kunjungan pasien pun dalam 1 bulan itu 12 kali dan untuk pasien mangkir juga sama 12 kali."Mengunjungi warga untuk mengedukasi penyakit TB kita lakukan secara berkala. 

Bagi pasien yang tidak mau ngambil obat pun kita datengin ke rumah nya. Termasuk pertemuan dengan lintas sektor juga sudah,"tuturnya.Inti menambahkan, pada awal bulan Februari, pihaknya mengadakan pertemuan dengan para dokter praktek mandiri juga sudah sebagai antisipasi penyebaran TB."Jadi misalkan pasien-pasien mengarah  ke TB disarankan untuk pemeriksaan dahak. 

Di karekanan hasil TB itu tidak cukup dari hasil rontgen.Dan kita juga sudah bikin kantong TB  d jln riuang asih RW 13,"ucapnya.Dia berharap masyarakat untuk mau memeriksakan atau scrining apa lagi yang batuk nya yang sudah dua minggu, itu disarankan untuk memeriksakan dahak."Jumlah terduga dari bulan Januari s/d Juni 2022 dari pasien yang datang atau pasien yang ditangani langsung itu ada 92 orang, sedangkan yang sudah jadi pasien itu sudah 30 orang yang dalam proses pengobatan.

Kemudian yang berhasil  sudah selesai pengobatan itu ada 21 orang,"tandasnya..


( GEOFFREY .M )

Posting Komentar

0 Komentar