KELURAHAN KALIBARU MENDAPAT BANTUAN DARI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MAHASISWA UI UNTUK BANK SAMPAH KEPODANG RW 11 KALIBARU

November 30, 2020
*SIMAK BERITA NEWS .COM*


*KELURAHAN KALIBARU MENDAPAT BANTUAN DARI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT MAHASISWA UI UNTUK BANK SAMPAH KEPODANG RW 11 KALIBARU*

Senin 30 November 2020
KOTA BEKASI - 

Pemerintah Kota Bekasi melalui Kelurahan Kalibaru Kecamatan Medan Satria mendapatkan sejumlah bantuan prasarana tempat sampah dari Mahasiswa Universitas Indonesia sebanyak 260 buah.
Lurah Kalibaru Suhartono beserta jajaran secara simbolis menyerahkan tempat sampah kepada nasabah bank, tepatnya di RW 11 Kelurahan Kalibaru. Tempat sampah tersebut akan didistribusikan kepada nasabah bank sampah yang selama ini memiliki program sampah Bank Kepodang. Program bank sampah kepodang di wilayah RW 11 sudah berlangsung lama dan menunjukan tren peningkatan di periode 2018-2019.

Bantuan tempat sampah yang disalurkan oleh pemerintah ini bertujuan agar nasabah dapat memisahkan antara sampah anorganik seperti botol plastik/kaca, kertas, koran dll dengan sampah organik atau sisa olah dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan magot (larva lalat hitam atau Black Soldier Flies (BSF).

Hal ini berkesinambungan dengan salah satu program yang ada di wilayah RW 04 Kelurahan Kalibaru yaitu Bank Sampah Dadali untuk budi daya magot. Pemanfaatan sampah organik untuk budi daya magot bermanfaat untuk mengurangi timbulan sampah dan menghindari berakhirnya sampah di TPA. Manfaat lainnya adalah hasil panen magot yang berguna sebagai pakan unggas dan ikan serta pupuk organik kasgot (bekas magot) yang berfungsi sebagai pupuk tanaman. 

"Dalam hal ini sampah rumah tangga memiliki komposisi terbesar sekitar 60%-70% dan program Bank Sampah Kepodang berfungsi sebagai kordinator pengumpulan sampah organik yang selanjutnya dimanfaatkan oleh Bank Sampah Dadali untuk budi daya magot". Ujar Suhartono Lurah Kalibaru

Program ini juga sejalan dengan keinginan Pemerintah Kota Bekasi untuk menurunkan volume sampah ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Pelaksanaan program ini diharapkan dapat menurunkan timbulan sampah hingga 500 kg perbulan.

"Kami berharap dengan adanya program Bank Sampah yang ada di Kelurahan Kalibaru ini dapat menjadikan sebuah contoh dan diikuti oleh seluruh stackholder terkait dan terus berlanjut sehingga sampah organik dapat dimanfaatkan dengan baik" Tandasnya

( GEOFFREY .M )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar