Hut ke 75 Korps Marinir bersinergi mengawal NKRI menuju Indonesia Maju

November 15, 2020
SimakBeritaNews.com
Senin, 16/11/2020.

Hut ke 75 Korps Marinir bersinergi mengawal NKRI menuju Indonesia Maju

JAKARTA - Korps Marinir memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 pada hari ini, Minggu (15/11/2020). Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut Korps Marinir menjadi satu bagian penting yang mewarnai perjalanan bangsa Indonesia.

Dalam pernyataannya Hadi menyatakan Selamat Hari Ulang Tahun kepada prajurit dan keluarga besar Korps Marinir, dimanapun mereka menjalankan tugasnya.
Selama 75 tahun perjalanannya, Korps Marinir memiliki sejarah yang panjang sejak didirikan pada awal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

"Perjuangan dan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-75 kepada segenap prajurit dan keluarga besar Korps Marinir bertugas," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Panglima berpesan untuk terus memantapkan disiplin, integritas dan jati diri sebagai prajurit petarung yang memiliki jiwa ksatria, militan, loyal dan profesional.

DIRGAHAYU KORPS MARINIR.

"Terus Bersinergi Mengawal NKRI Menuju Indonesia Maju"
Jalesu Bhumyamca Jayamahe.
Di laut dan di darat kita jaya.

Korps Marinir memiliki ciri khas baret ungu. Baret ungu memiliki kharisma tersendiri yang sudah terkenal bersahabat dengan masyarakat.

Selain itu, warna ungu juga diilhami oleh bunga Bougenville, yang selalu gugur sebelum layu. Hal ini melambangkan pengabdian prajurit Korps Marinir selalu siap berkorban jiwa raga demi keutuhan dan kejayaan NKRI.

Komandan pertama Korps Marinir pada awal pembentukannya ialah  Mayor Laut Agus Subekti. Dia menjadi salah satu satuan yang ditakuti Belanda saat Perang Kemerdekaan.

Hal ini karena kekuatan dan persenjataan yang dimiliki Korps Marinir cukup besar.

Pada 8 Oktober 1948, nama Corps Mariniers ditetapkan menjadi Korps Komando Angkatan laut (KKO AL).

Guna menambah dan menyempurnakan kecakapan serta kemampuan anggota, pada periode ini dilaksanakan kursus-kurus tambahan serta pendidikan untuk Perwira, Bintara maupun Tamtama. Kursus diadakan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Korps Marinir TNI AL adalah salah satu komando di bawah kendali langsung Panglima TNI. Korps Marinir bertugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai dan pengamanan pulau terluar.
(ZULFAN Flora)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar