FSPMI bakal gelar demo Pt.Denso Indonesia

September 04, 2020
SIMAKBERITANEWS.COM
Jumat, 04/09/2020. 

FSPMI bakal gelar demo Pt.Denso Indonesia

Konsulat Cabang Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Bekasi bakal menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran terhadap PT Denso Indonesia dalam waktu dekat.

Aksi itu bakal digelar pada Kamis (10/9/2020) di depan pabrik PT Denso Indonesia yang terletak di Jalan Kalimantan E, nomor 1-2, Kawasan MM2100, Cikarang Barat.

Sekretaris KC FSPMI Bekasi, Suparno, mengaku sudah mengirimkan surat pemberitahuan aksi unjuk rasa secara resmi kepada Kapolres Metro Bekasi hari ini, Kamis (3/9/2020).

Sewaktu dia bertanya kepada manajemen perusahaan yang masih bagian Astra Group itu, perusahaan berkilah melakukan efisiensi karena pandemi covid-19.

Ketiga pekerja dengan status karyawan tetap itu adalah pengurus PUK SP AMK FSPMI PT Denso Indonesia,
yakni 
Ketua PUK, 
Agus Tubagus Salam

Bidang Pendidikan, Suhardi, 

dan Bidang Advokasi, Ervan Fauzan.

Cara pengurangan pekerjanya tidak melalui prosedur. Tidak ada pemberitahuan PHK, tidak ada bipartit. Hanya dibilang dirumahkan tapi upah Agustus tidak dibayar,” kata Suparno

“Ada dua tuntutan terkait aksi demo itu. Pertama kita minta PT Denso Indonesia pekerjakan kembali ketua dan pengurus PUK SP AMK FSPMI di sana sesuai dengan pekerjaannya semula,” kata Suparno kepada pojokbekasi, Kamis (3/9).

Kemudian, tuntutan kedua adalah bayarkan upah pekerja yang belum dibayarkan. Ketiga pekerja itu belum menerima upah bulan Agustus 2020. Padahal, kata Suparno, bulan itu mereka bekerja dari tanggal 1 sampai kira-kira 23 Agustus.

“Keputusan itu sepihak dari PT Denso Indonesia dengan cara merumahkan dan tidak membayar upah bulan Agustus, yang kuat diduga berujung PHK,” katanya.

Atas kasus itu, dia mengindikasikan telah terjadi Pasal 374 KUHP tentang Tindak Pidana Penggelapan dalam jabatan dan pemberangusan serikat pekerja (union busting) karena dalam hal itu, ketua PUK sebagai simbol organisasi justru turut terkena efisiensi

“Aksi kita perkirakan akan diikuti 5.000 orang yang terdiri dari perangkat dan anggota FSPMI Kota dan Kabupaten Bekasi,” demikian Suparno.

Rencananya demonstran akan berkumpul di 5 titik, antara lain di Kawasan EJIP, Jababeka, dan MM2100.

( ZULFAN Flora )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar