MUHASABAH WAKTU DI AHKIR TAHUN 2020

Desember 31, 2020
*SIMAK BERITA NEWS .COM*

_*🗣️MUHASABAH WAKTU DI AHKIR TAHUN 2020.*_

Kamis 31 Desember 2020.,-
*JAKARTA*

Dengan di awali 
Bismillahirrahmanirrahim...
Tahun baru masehi sudah di depan mata. 12 bulan di tahun 2020 sudah penuh terlewati dan akan berganti bulan-bulan di tahun 2021. 

*Kehidupan manusia di dunia adalah* sebuah perjalanan, begitupun di akhirat kelak. Bedanya, perjalanan di dunia adalah bekal untuk perjalanan di akhirat. Sikap dan perilaku selama perjalanan hidup di dunia ini menentukan kebahagiaan dan kesengsaraan di akhirat.

*✅Perjalanan hidup di dunia dibatasi oleh waktu* yang sangat singkat sementara di akhirat adalah kehidupan abadi sepanjang waktu. 
Waktu. Satu kata singkat, namun memberikan dampak besar kehidupan manusia dan seluruh makhluk lainnya.

_✅Karena itu, Allah SWT sering kali berfirman, dengan menggunakan *waktu sebagai pertanda akan pentingnya hal tersebut bagi kehidupan manusia.*_
Di antaranya, demi masa (QS al-'Ashr : 1), demi malam apabila menutupi waktu siang (QS al-Lail : 1), demi fajar (QS al-Fajr : 1) dan demi waktu matahari sepenggal naik (dhuha) (QS adh-Dhuha :1).

*↗️Imam Fakhruddin Ar Razi mengatakan* dalam tafsirnya ketika menafsirkan surah al-'Ashr bahwa Allah SWT telah bersumpah demi waktu karena di dalam waktu memang mengandung berbagai keajaiban.

*✅Di dalam perjalanan waktu terdapat senang dan susah, sehat dan sakit,* serta betapa berharga dan mahalnya waktu yang tidak bisa dinilai dengan sesuatu apa pun. Bagi seorang Muslim, waktu adalah kehidupan dan kematian sekaligus.

*✅Seorang Muslim memahami waktu dalam tiga ranah, yakni Waktu lampau, sekarang, dan Nanti :*

*Waktu lampau* (dimaknai bahwa kehadirannya di dunia ini diawali oleh penciptaan dirinya oleh Allah SWT)
*Waktu sekarang,* (perjalanan ibadah untuk menggapai ridha Allah).
*dan Waktu Nanti* (Untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi seluruh laranganNya, tuk meraih Surganya Allah..).

*↗️Allah SWT dengan tegas mengingatkan dalam surah QS Al-Asr: 1-3,* yang artinya, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.''

Ayat ini menuturkan bahwa keberuntungan seorang Muslim adalah saat mengisi waktu hidupnya dengan keimanan, amal saleh, dan saling menasihati tentang kebenaran dan kesabaran.

_✅Karena seluruh perbuatan.akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah di waktu nanti, yakni kehidupan akhirat. Hanya ada dua tempat bagi manusia di waktu nanti: *Surga dan Neraka.*_

Seorang Muslim harus menyadari sepenuhnya bahwa, sepanjang perjalanan hidupnya hrs dipergunakan untuk melaksanakan perintah Allah menjauhi seluruh larangan Allah.

*Semoga bermanfaat dan selamat menikmati ibadah shalat TAHAJUD...!™️💯*
(Markus .O)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar