Posyandu RW.047 Gelar Pemberian Vitamin A dan Obat cacing, lingkup Rt.01 kel.Bahagia Babelan Bekasi.

Agustus 13, 2020
SIMAKBERITANEWS.COM
Jumat 14/08/2020.

Posyandu RW.047 Gelar Pemberian Vitamin A dan Obat cacing, lingkup Rt.01 kel.Bahagia Babelan Bekasi.

Kab.Bekasi - Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Posyandu menjadi lembaga strategis di tingkat bawah yang berperan langsung membentuk  kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini melalui upaya peningkatan gizi serta pemantauan tumbuh kembang anak. Menciptakan generasi emas kuncinya adalah kualitas SDM yang harus dibentuk sejak usia golden age yakni usia 0-5 tahun. Disinilah  Posyandu berperan menjadi instrumen yang mendampingi para orang tua dalam pola pengasuhan anak dan berkontribusi memberikan tambahan asupan gizi yang seimbang baik bagi anak.


Peranan Posyandu yang strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, perlu ditindak lanjuti dengan penguatan terhadap lembaga tersebut. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di  masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan Posyandu di lingkungan RT.01/047 Kel.Bahagia Babelan Bekasi yang sempat vakum tiga bulan akibat pandemi virus Corona atau Covid-19,

Menurut TITIN Ketua Posyandu Rw. 047 Kelurahan Bahagia Babelan Bekasi,  layanan Posyandu hadir untuk memastikan tumbuh kembang balita bisa terpantau baik gizinya maupun kesehatan balita.
Vitamin A pada anak akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta kebutaan, selain itu kami juga memberikan obat cacing.

“Di RW 047 sendiri memiliki Enam RT dan sudah dijadwalkan untuk pelaksanaan kegiatan Posyandu

Pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 08.30 WITA.
Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Posyandu Taman Flora yang bertempatkan di RT.01   Kel.Bahagia Kecamatan Babelan Bekasi.
Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh kader posyandu di lingkungan Rt.01/047. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemberian vitamin kapsul biru diperuntukkan umur 6-11 bln dan untuk kapsul merah umur 12-59 bln, obat cacing, pengukuran tinggi badan anak, dan penimbangan berat badan anak. Jumlah balita yang hadir yaitu sebanyak 19 balita.

Pemberian vitamin A perlu diiringi dengan pemberian obat cacing agar penyerapan zat gizi pada balita sempurna dan dapat  meningkatkan status gizi masyarakat. Kecacingan pada anak akan menimbulkan masalah kesehatan berupa kekurangan gizi yang bersifat kronis yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan risiko kesakitan.

kegiatan POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu), yang merupakan kegiatan rutin bulanan untuk mengontrol kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak BALITA (Bawah Lima Tahun) dalam lingkup RW,

( ZULFAN Flora )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar